Mengatasi windows 10 tidak bisa share Folder/Printer (Berhasil)

Tutorial Tips dan Trik - Asalamualaikum Wr Wb, selamat siang teman semua, semoga kita selalu diberikan keberkahan dan keselamatan dalam setiap apapun pekerjaan yang sedang kita kerjakan, Aamin, seperti biasa pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah Tutorial bagi teman-teman semua yang sedang mengalami kesulitan saat melakukan share folder atau printer pada windows 10 nya.

Mengatasi windows 10 tidak bisa share Folder/Printer (Berhasil)

Sepengalaman saya di kantor tempat saya bekerja, pastinya setiap pegawai memerlukan print dokumen untuk setiap laporan atau surat yang telah mereka buat tapi karena keterbatasan jumlah printer maka cara mengakalinya yaitu dengan menggunakan trik sharing printer lewat jaringan dengan maksud dan tujuan supaya kebutuhan print dokumen mereka semua terpenuhi walaupun dengan keterbatasan prangkat printer.

Untuk melakukan sharing printer lewat jaringan, tentunya setiap komputer yang mempunyai printer harus diposisikan sebagai server printer dimana printer yang ada di komputer tersebut harus kita share terlebih dahulu agar bisa diakses dari komputer lain.

Dalam perjalanan proses konfigurasainya ternyata tidak semulus yang saya bayangkan, terlebih yang saya setting adalah komputer dengan Sistem Oprasi windows 10 dimana keamananyapun sudah lebih baik daripada windows sebelumnya, disadari atau tidak bahwa interaksi antar komputer melalui jaringan internet itu sangat beresiko akan terkenanya virus, jika satu komputer sudah terinfeksi virus maka kemungkinan besar akan menyebar ke komputer lainya, inilah sebabnya pada Sistem Oprasi windows 10 dalam settingan default nya tidak membuka interaksi antar jaringan, maka dari itu ketika kita akan mensetting sharing Folder/printer harus kita buka terlebih dahulu.

Jika ada yang mengalami kesulitan tidak bisa diaksess komputer server printer dari komputer lain padahal printer sudah di share maka silahkan ikuti tutorial ini.

Untuk tahap Konfigurasinya perhatikan Tutorial dibawah ini

Pastikan bahwa anda sudah berada di depan komputer, silahkan anda klik pencarian yang ada di sebelah kiri bawah lalu ketik Edit group policy ( Pastikan sama huruf kecil dan beser nya serta sepasinya) silahkan perhatikan angka 1 pada gambar dibawah ini, setelah ketemu silahkan klik, perhatikan angka 2 pada gambar dibawah ini.



Setelah anda klik, maka akan terbuka halaman Edit Group Policy yang akan kita edit, Perlu diperhatikan juga bahwa saya menggunakan windows 10 Profesional, untuk yang lainya saya belum nyoba, Selanjutnya silahkan buka AdministrativeTemplates > network > LanmanWorkstation > "Enable insecure guest logons" atau ikuti langkah seperti pada gambar dibawah ini yang sudah saya urutkan dengan angka.


Perlu diperhatikan angka 5 yang saya tunjuk pada gambar diatas, Klik 2x "Enable insecure guest logons" tersebut, setelah terbuka maka lakukan perubahan seperti pada gambar dibawah ini


Pastikan yang ditandai adalah Enable seperti yang ditunjukan pada gambar diatas oleh angka satu, setelah dipilih enable silahkan klik OK seperti contoh pada gambar diatas yang ditunjukan oleh angka dua.

Perubahan yang kita lakukan diatas kurang lebih maksudnya adalah, kita mengaktifkan info masuk tamu yang tidak aman.

Catatan :

  • Silahkan lakukan tutorial diatas pada komputer yang kita jadikan sebagai Server Printer
  • Jika belum berhasil lakukan juga pada komputer client yang akan mengaksess komputer server printer
  • Windows 10 yang saya gunakan Windows 10 profesional
  • Status windows 10 sudah diaktifasi


Terimakasih atas perhatianya semoga bermanfaat
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.pudintea.web.id/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment